Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII
Berikut adalah soal-soal pilihan ganda untuk persiapan ujian Mid-semester kelas VIII. Semoga bermanfaat .
I. Pilihan Berganda
Paragraf ini digunakan untuk menjawab pertanyaan nomor 1 dan 2!
Sistem pendidikan, di Indonesia yang dikembangkan saat ini masih belum memenuhi harapan. Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah Asia Timur setelah Filippina, Thailand, Singapura dan Hongkong. Selain itu, berdasarkan penelitian, rata-rata nilai tes siswa SD kelas IV untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun. Anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan. Kenyataan ini disajikan bukan untuk mencari kesalahan penentu kebijakan, pelaksana pendidikan, dan keadaan yang sedang melanda bangsa, tapi semata-mata agar kita menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis. Oleh karena itu, semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem pendidikan nasional.
1.Kalimat ajakan dalam teks persuasi di atas adalah ...
A.Sistem pendidikan di Indonesia saat ini masih belum memenuhi harapan
B.Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah
C.Oleh karena itu, semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang.
D.Hal tersebut dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem pendidikan nasional.
2.Kalimat fakta dalam paragraf di atas adalah ....
A.Berdasarkan penelitian, anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan
B.Oleh karena itu, semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang
C.Sistem pendidikan di Indonesia masih belum memenuhi harapan
D.Kenyataan ini disajikan buksn untuk mencari kesalahan tetapi semataa-mata agar kita menyadari sistem pendidikan yang mengalami krisis.
3.Novel Atheis menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididdik menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya adalah pemeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO. Disekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini. Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh Saudagar kaya.
Teks ulasan di atas merupakan bagian ...
A.Orientasi
B.Tafsiran
C.Evaluasi
D.rangkuman
4.Bagian yang termasuk dalam ulasan dikenal sebagai ...
A.Rekonstruksi
B.Penafsiran
C.Interpretasi
D.Kontruksi
5.Bagian struktur teks ulasan yang berisi gambaran umum karyasastra yang akan diulas adalah...
A.Orientasi
B.Pengenalan
C.Tafsiran
D.Pembukaan
6.Bagian struktur teks ulasan yang berisi penilaian penulis tentang kekurangan dan kelebihan karya yang diulas yaitu...
A.Orientasi
B.Evaluasi
C.Tafsiran
D.Rangkuman
7.Bagian struktur yang berisi gambaran tentang detail suatukarya atau benda yang diulas adalah...
A.Orientasi
B.Evaluasi
C.Tafsiran
D.Rangkuman
8.yang dimaksud dengan sinopsis pada ulasan novel tersebut adalah ...
A. Penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.
B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
C. paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
D. paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya
9.Yang dimaksud dengan analisis pada ulasan novel tersebut adalah ...
A. Penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.
B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
C. paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
D. paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya
10.Yang dimaksud dengan evaluasi pada ulasan novel tersebut adalah
A. Penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.
B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
C. paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
D. paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya
11.Di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik kebahasaan dari sebuah ulasan adalah
A. Banyak menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni, yaitu.
B. Banyak menggunakan konjungsi temporal, seperti sejak, semenjak, kemudian, akhirnya.
C. Banyak menggunakan konjungsi penyebab, seperti karena, sebab.
D. Banyak menggunakan kata-kata sanjungan dan pujian terhadap karya yang diulas
12.Berikut yang bukan merupakan langkah-langkah menyusun sebuah ulasan berupa teks buku
A. Mencatat identitas buku atau karya yang akan diulas, yang meliputi judul, penulis, nama penerbit, tahun terbit, termasuk ketebalan. Kalau perlu termasuk harga buku.
B. Mencatat hal-hal menarik/penting dari isi buku.
C. Menelaah penghargaan yang diraih oleh pengarang buku
D. Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku.
13.Berikut yang bukan merupakan komponen teks persuasif ...
A. Argumentasi B. Fakta C. Kritik D. Ajakan
Perhatikan teks berikut dengan seksama!
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
14.Simpulan yang tepat dari teks di atas adalah
A. Pecandu rokok sulit berhenti dari kebiasaan merokoknya
B. Harga rokok di Malaysia sangat mahal
C. Pengeluaran untuk membeli rokok lebih besar daripada untuk membeli kebutuhan pokok
D. Kita harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak kecanduan
15.Dalam teks persuasi, yang dimaksud dengan pengenalan isu adalah
A. pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.
B. Pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen- argumennya itu.
C. Dorongan kepada pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu
D. Penegasan kembali
16.Dalam teks persuasi, yang dimaksud dengan rangkaian argumen adalah
A. pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.
B. Pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen itu.
C. Dorongan kepada pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu
D. Penegasan kembali
17.Dalam teks persuasi, kita mengenal adanya pendapat dan fakta. Berikut yang merupakan contoh ...pendapat adalah
A. Merokok pada hakikatnya bukanlah suatu kebiasaan yang baik.
B. Di Indonesia, kebijakan tentang rokok jauh lebih longgar daripada negara-negara di Eropa Barat
C. Di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang, para perokok disediakan tempat tertentu untuk merokok.
D. Di SPBU sudah umum dikenali papan larangan untuk merokok
18.Identitas bukudalam teks ulasan meliputi...
A. judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.
B. Orientasi, Sinopsis, Analisis, Evaluasi.
C.Argumentasi, fakta, ajakan, dan penegasan kembali
D.Judul, bintang, sutradara, produser, skenario, fotografi, produksi dan durasi.
19.Kata sifat merupakan salah satu ciri kebahasaan teks ulasan.Untuk menguji kata sifat yaitu dengan kata...
A.Sangat B. Bukan C. Tidak D. Akan
20.Di bawah ini yang termasuk kata sifat,kecuali
A.Marah B. Jenuh C. Cantik D. Tidur
21.Kata benda merupakan salah satu ciri kebahasaan teks ulasan.Untuk menguji kata benda yaitu dengan kata...
A.Sangat B. Tidak C. Bukan D. Akan
22.Hal apa yang dijadikan acuan untuk mengulas sebuah karya sastra...
A.Antusias pembaca C. Kualitas karya sastra
B. Harga karya sastra D. Bentuk karya sastra
23. Sebelum melakukan revisi teks ulasan, kita harus menelaahnyaterlebih dahulu. Menelaah dapat diartikan sebagai...
A.Membaca C. Mengubah
B.Mengganti D. Mempelajari
24.Ia justru melihat film “Beth” sebagai gambaran kian sempitnya ruang di masyarakat yang patut dijadikan tempat manusia untuk berkreasi satu-satunya ruang yang tersisa bagi Aria adalah rumah sakit jiwa. Meskipun demikian semua itu bersifat multitafsir film Beth tampak istimewa karena pendekatan Aria yang unik dibanding Sineas lain. Nurul Arifin melihat film karya Aria ini tak ubahnya suatu realitas yang didekati dengan cara yang berkebalikan dari pendekatan yang dilakukan Garin Nugroho dalam karyanya.
Paragraf di atas merupakan struktur teks ulasan bagian ...
A.Identitas karya C. Sinopsis
B.Orientasi D. Evaluasi
25. teks persuasi merupakan teks yang berisi tentang ...
A.Ajakan C. Penjelasan
B.Sistematika D. Propaganda
I. Pilihan Berganda
Paragraf ini digunakan untuk menjawab pertanyaan nomor 1 dan 2!
Sistem pendidikan, di Indonesia yang dikembangkan saat ini masih belum memenuhi harapan. Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah Asia Timur setelah Filippina, Thailand, Singapura dan Hongkong. Selain itu, berdasarkan penelitian, rata-rata nilai tes siswa SD kelas IV untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun. Anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan. Kenyataan ini disajikan bukan untuk mencari kesalahan penentu kebijakan, pelaksana pendidikan, dan keadaan yang sedang melanda bangsa, tapi semata-mata agar kita menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis. Oleh karena itu, semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem pendidikan nasional.
1.Kalimat ajakan dalam teks persuasi di atas adalah ...
A.Sistem pendidikan di Indonesia saat ini masih belum memenuhi harapan
B.Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah
C.Oleh karena itu, semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang.
D.Hal tersebut dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem pendidikan nasional.
2.Kalimat fakta dalam paragraf di atas adalah ....
A.Berdasarkan penelitian, anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan
B.Oleh karena itu, semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang
C.Sistem pendidikan di Indonesia masih belum memenuhi harapan
D.Kenyataan ini disajikan buksn untuk mencari kesalahan tetapi semataa-mata agar kita menyadari sistem pendidikan yang mengalami krisis.
3.Novel Atheis menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididdik menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya adalah pemeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO. Disekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini. Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh Saudagar kaya.
Teks ulasan di atas merupakan bagian ...
A.Orientasi
B.Tafsiran
C.Evaluasi
D.rangkuman
4.Bagian yang termasuk dalam ulasan dikenal sebagai ...
A.Rekonstruksi
B.Penafsiran
C.Interpretasi
D.Kontruksi
5.Bagian struktur teks ulasan yang berisi gambaran umum karyasastra yang akan diulas adalah...
A.Orientasi
B.Pengenalan
C.Tafsiran
D.Pembukaan
6.Bagian struktur teks ulasan yang berisi penilaian penulis tentang kekurangan dan kelebihan karya yang diulas yaitu...
A.Orientasi
B.Evaluasi
C.Tafsiran
D.Rangkuman
7.Bagian struktur yang berisi gambaran tentang detail suatukarya atau benda yang diulas adalah...
A.Orientasi
B.Evaluasi
C.Tafsiran
D.Rangkuman
8.yang dimaksud dengan sinopsis pada ulasan novel tersebut adalah ...
A. Penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.
B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
C. paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
D. paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya
9.Yang dimaksud dengan analisis pada ulasan novel tersebut adalah ...
A. Penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.
B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
C. paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
D. paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya
10.Yang dimaksud dengan evaluasi pada ulasan novel tersebut adalah
A. Penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.
B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
C. paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
D. paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya
11.Di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik kebahasaan dari sebuah ulasan adalah
A. Banyak menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni, yaitu.
B. Banyak menggunakan konjungsi temporal, seperti sejak, semenjak, kemudian, akhirnya.
C. Banyak menggunakan konjungsi penyebab, seperti karena, sebab.
D. Banyak menggunakan kata-kata sanjungan dan pujian terhadap karya yang diulas
12.Berikut yang bukan merupakan langkah-langkah menyusun sebuah ulasan berupa teks buku
A. Mencatat identitas buku atau karya yang akan diulas, yang meliputi judul, penulis, nama penerbit, tahun terbit, termasuk ketebalan. Kalau perlu termasuk harga buku.
B. Mencatat hal-hal menarik/penting dari isi buku.
C. Menelaah penghargaan yang diraih oleh pengarang buku
D. Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku.
13.Berikut yang bukan merupakan komponen teks persuasif ...
A. Argumentasi B. Fakta C. Kritik D. Ajakan
Perhatikan teks berikut dengan seksama!
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
14.Simpulan yang tepat dari teks di atas adalah
A. Pecandu rokok sulit berhenti dari kebiasaan merokoknya
B. Harga rokok di Malaysia sangat mahal
C. Pengeluaran untuk membeli rokok lebih besar daripada untuk membeli kebutuhan pokok
D. Kita harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak kecanduan
15.Dalam teks persuasi, yang dimaksud dengan pengenalan isu adalah
A. pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.
B. Pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen- argumennya itu.
C. Dorongan kepada pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu
D. Penegasan kembali
16.Dalam teks persuasi, yang dimaksud dengan rangkaian argumen adalah
A. pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.
B. Pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen itu.
C. Dorongan kepada pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu
D. Penegasan kembali
17.Dalam teks persuasi, kita mengenal adanya pendapat dan fakta. Berikut yang merupakan contoh ...pendapat adalah
A. Merokok pada hakikatnya bukanlah suatu kebiasaan yang baik.
B. Di Indonesia, kebijakan tentang rokok jauh lebih longgar daripada negara-negara di Eropa Barat
C. Di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang, para perokok disediakan tempat tertentu untuk merokok.
D. Di SPBU sudah umum dikenali papan larangan untuk merokok
18.Identitas bukudalam teks ulasan meliputi...
A. judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.
B. Orientasi, Sinopsis, Analisis, Evaluasi.
C.Argumentasi, fakta, ajakan, dan penegasan kembali
D.Judul, bintang, sutradara, produser, skenario, fotografi, produksi dan durasi.
19.Kata sifat merupakan salah satu ciri kebahasaan teks ulasan.Untuk menguji kata sifat yaitu dengan kata...
A.Sangat B. Bukan C. Tidak D. Akan
20.Di bawah ini yang termasuk kata sifat,kecuali
A.Marah B. Jenuh C. Cantik D. Tidur
21.Kata benda merupakan salah satu ciri kebahasaan teks ulasan.Untuk menguji kata benda yaitu dengan kata...
A.Sangat B. Tidak C. Bukan D. Akan
22.Hal apa yang dijadikan acuan untuk mengulas sebuah karya sastra...
A.Antusias pembaca C. Kualitas karya sastra
B. Harga karya sastra D. Bentuk karya sastra
23. Sebelum melakukan revisi teks ulasan, kita harus menelaahnyaterlebih dahulu. Menelaah dapat diartikan sebagai...
A.Membaca C. Mengubah
B.Mengganti D. Mempelajari
24.Ia justru melihat film “Beth” sebagai gambaran kian sempitnya ruang di masyarakat yang patut dijadikan tempat manusia untuk berkreasi satu-satunya ruang yang tersisa bagi Aria adalah rumah sakit jiwa. Meskipun demikian semua itu bersifat multitafsir film Beth tampak istimewa karena pendekatan Aria yang unik dibanding Sineas lain. Nurul Arifin melihat film karya Aria ini tak ubahnya suatu realitas yang didekati dengan cara yang berkebalikan dari pendekatan yang dilakukan Garin Nugroho dalam karyanya.
Paragraf di atas merupakan struktur teks ulasan bagian ...
A.Identitas karya C. Sinopsis
B.Orientasi D. Evaluasi
25. teks persuasi merupakan teks yang berisi tentang ...
A.Ajakan C. Penjelasan
B.Sistematika D. Propaganda
Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII"
Posting Komentar